oleh

Wagub : Perusahaan Yang Beroperasi di Tabi Sumbangkan Alat Untuk Pembersihan Pasca Banjir

SENTANI, Kawattimur – Terkait proses pencaharian dan evakuasi korban bencana banjir bandang Sentani, Kabupaten Jayapura, Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal minta perusahaan swasta yang memiliki alat berat untuk di sumbangkan sementara dalam rangka membantu proses pencaharian, evakuasi korban dan pembersihan pasca banjir.

“Perusahaan yang selama ini memgambil keuntungan di tanah Papua khususnya yang beroperasi di wilayan Tabi, kami minta tolong sumbangkan alatnya. Kalau punya truk, alat berat, dozer harap sumbangkan, ini tragedi kemanusiaaan,” kata Klemen Tinal, Selasa (19/3/2019) sore.

Permintaan ini menyusul proses pembersihan dimana banyak sendimen pasca banjir yang memang membutuhkan alat berat untuk pembersihannya. ” ini kayu besar tidak bisa pake sensor, jadi kita disini hukum tabur tuai, jangan hanya mau enaknya saja, tapi saat kondisi tragedi begini tidak sumbang, dan ini saya sudah jelaskan kalau mereka tidak mau sumbang tidak usah beri pekerjaan,” tandas Wagub

Terkait itu pula, lanjut Wagub, semua pihak yang saat ini tengah membantu proses pencaharian korban, diharapkan dapat memberi laporan ke Posko Utama, jika ada penemuan.

“Kalau ada informasi yang baik, ada hal-hal yang kita lihat atau temukan segera sampaikan ke Posko utama agar cepat dilakukan tindakan, dan mempercepat proses pekerjaan pencaharian korban,” kata Wakil Gubernur.

Lanjut Wagub, semua pihak yang saat ini turun lapangan melakukan proses pencaharian korban bekerja keras. Tak hanya di Sentani, saat ini pihak Pol Air dan Angkatan Laut juga melakukan pengecekan di belakang gunung Cyclop, serta di pencaharian di danau Sentani.

“Kita bekerja ekstra, hasil rapat semalam kita sudah lakukan pembangian tugas,” katanya

Wagub juga meminta masyarakat untuk mendukung proses yang tengah di lakukan tim penanganan saat ini.

“Masyarakat mendukung, dengan cara apa? Jangan jadikan kami tontonan, yang akhirnya hambat orang kerja. Lebih baik tinggal di rumah, banyak berdoa, jangan lalu-lalang dan pekerjaan kami lambat. Jangan karna euforia mau lihat korban dan lokasi banjir yang akhirnya hambat pekerjaan PU dari pemerintah terkendala,” kata Wagub.

Pada kesempatan yang sama mewakili Pemerintah Provinsi Papua, Wakil Gubernur menyerahkan bantuan kepada para pengungsi. Ia juga menyampaikan terima kasih tak terhingga kepada seluruh pihak yang telah membantu proses dan tahapan-tahapan pencaharian, evakuasi hingga pembersihan akibat banjir di Sentani

“Kami atas nama pemerintah provinsi, kabupaten memgucapkan terima kasih tak terhingga kepada relawan-relawan yang membantu kita, TNI/Polri, masyarakat dan semua pihak yang sudah ikut membantu.
Kami minta dukungan ini jangan berhenti sampai disini, kita sama-sama bekerja agar proses ini dapat terlaksana dengan baik dan semua korban dapat di temukan,” kata Wagub. (TA)

Bagikan :

News Feed