oleh

Polres Jayapura Kota Turut Partisipasi Dalam Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Nasional

Jayapura Kota-(KT) Sebanyak 15 personil Polres Jayapura Kota mengikuti Apel Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Nasional sekaligus kegiatan simulasi yang dipimpin langsung Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM bertempat di Halaman Apel Kantor Walikota Distrik Jayapura Selatan. Jumat (26/4).

Turut hadir Wakil Walikota Ir. H. Rustan Saru, MM, Kepala BPBD Provinsi Papua William R. Anderi, S.IP., M.Si, Ketua DPRD Kota Jayapura Abisai Rolo, SH, Kabag Ops Polres Jayapura Kota Kompol Nursalam Saka, S.Pd., MM (selaku koordinator simulasi), Perwakilan BMKG Wilayah V Jayapura Herlambang, Para Pimpinan OPD Pemerintah Kota Jayapura.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM membacakan sambutan Kepala BNPB Pusat bahwa tren bencana indonesia terus meningkat setiap tahunnya, data menunjukkan bahwa pada tahun 2018 jumlah kejadian sebanyak 2.572 dan telah mengakibatkan korban manusia sebanyak 4.814 meninggal dunia dan hilang, 21.064 orang luka-luka dan 10,2 juta orang mengungsi serta dengan kerugian mencapai lebih dari 100 triliun rupiah baik kerugian materiil maupun lainnya.

“Dengan memahami resiko maka kita dapat mengetahui hal-hal apa yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan kapasitas sehingga resiko tersebut dapat diperkecil,”ucap Walikota.

Lanjut Walikota, menyadari hal-hal tersebut diatas sejak tahun 2018 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menginisiasi suatu gerakan meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan nasional untuk menghadapi bencana dalam bentuk hari kesiapsiagaan bencana (HKBN) setiap tanggal 26 April dengan selogan “Siap untuk selamat” dengan mengedepankan 4 hal yakni Pencegahan, Mitigasi, Kesiapsiagaan dan Peringatan Dini serta memberikan perhatian pada peningkatan kapasitas lembaga.

“Pendidikan paling dini wajib dilakukan mulai dari rumah untuk itu peran ibu dan perempuan menjadi sangat penting dalam hal tersebut pada tahu 2019 ini kita memilih thema “Perempuan Sebagai Guru” kesiapsiagaan dan rumah sebagai sekolahnya,”ujar Walikota.

Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi gempa bumi yang berlokasi di kantor walikota jayapura dengan melibatkan TNI/Polri, Basarnas, BNPB Kota Jayapura, Damkar, Sat Pol PP dan Dinas Kesahatan.

Bagikan :

News Feed