oleh

KPU : Perhitungan Suara Di Kantor KPU Perintah Saya

Wamena (KT) – Ketua KPU Jayawijaya, Sonimo Lani mengakui bahwa, perhitungan surat suara pada TPS 51 yang dilakukan Pemungutan Suara Ulang pada tanggal 27 April 2019 memang harus dilakukan di Kantor KPU Jayawijaya.

Dirinya mengakui, perhitungan surat suara hasil pencoblosan terpaksa dilakukan di Kantor KPU Jayawijaya dikarenakan adanya pertimbangan masalah keamanan terhadap petugas KPPS yang bekerja pada TPS 51.

“Memang kalau kita lihat di lokasi TPS 51 sempat terjadi keributan pada awal pencoblosan, namun bisa diatasi oleh aparat yang bertugas, dan pada akhir pencoblosan petugs TPS ada yang diancam, sehingga kami harus hitung di kantor KPU Jayawijaya,” ungkap Ketua KPU Jayawijaya, Senin (29/4/2019) saat di temui di ruang kerjanya.

Pencoblosan Yang Di Lakukan Masyarakat Jayawijaya Pada Pelaksanaan PSU Tanggal 27 April 2019 Dan Ketua KPU Jayawijaya

Menurut Ketua KPU, adanya masalah keamanan khususnya bagi petugas yang bekerja di TPS 51 menjadi alasan kuat untuk dilakukannya perhitungan di Kantor KPU Jayawijaya, dan selanjutnya hasil perhitungan itu akan dikumpulkan untuk di Plenokan pda tingkat Distrik Wamena Kota.

Terkait pengamanan yang berlebihan, Jelas Ketua KPU itu sudah menjadi tugas aparat keamanan untuk menjaga warga masyarakat tetap aman dan damai, terutama bagi masyarakat yang saat itu melakukan pencoblosan di TPS 51.
“Soal TPS 51 memang kami sudah koordinasikan dengan Bapak Kapolres, sehingga harus diamankan agar jangan terjadi kekcauan saat pelaksanaan pencoblosan di TPS 51,” kata Ketua KPU.

Diakuinya, untuk perhitungan suat suara hasil pencoblosan pada TPS 51 sudah dilakukan di Kantor KPU dan berjalan aman serta lancar tanpa ada gangguan apapun dari pihak-pihak tertentu.(NP)

Bagikan :

News Feed