oleh

Ingin Ke Papua, Jurnalis Asing Harus Memiliki Izin Rekomendasi Dari Kementerian Luar Negeri

Jayapura (KT) – Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Provinsi Papua, Hermansyah Siregar menyebutkan salah satu syarat utama bagi jurnalis asing yang ingin masuk ke Wilayah Papua setidaknya harus memiliki izin rekomendasi dari clear house, ( CH) yang dibawah naungan Kementerian Luar Negeri.

” Jadi, selama rekomendasi dari Kementerian Luar Negeri tidak ada maka Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Provinsi Papua tidak bisa menerbitkan visa dan izin tinggal bagi jurnalis asing yang bersangkutan tersebut, ” katanya kepada wartawan disalah satu hotel di Kota Jayapura, Rabu (22/5/2019)malam kemarin.

Hermansyah mengungkapkan, Bila jurnalis asing sudah memiliki izin rekomendasi dari CH baru kemudian visa diterbitkan. Sepanjang itu belum ada maka visa juga tidak bisa diterbitkan.

” Setelah visa diterbitkan dan ternyata jurnalis asing melakukan peliputan yang bertentangan maka itu diserahkan kepada aparat keamanan dalam hal ini Polisi. Tetapi terkait penerbitan visa dan izin tingggal harus memiliki rekomendasi dari Ch dibawah naungan Kementerian Luar Negeri,” ucapnya. ( TOM)

Bagikan :

News Feed