oleh

OJK Nilai Kinerja Bank Papua Tumbuh Positif

Jayapura-(KT), Kepala Otoritas Jasa Keungan Provinsi Papua Adolf Fictor Tunggul Simanjuntak mengungkapkan, berdasarkan data yang telah didapatkan hingga posisi Maret 2019 Laba Bank Papua sudah semakin membaik artinya jika laba sudah menunjukan angka yang positif kegiatan perkreditan operasional perbankan sudah berjalan dengan baik.
Manajemen juga sudah menunjukan fungsinya dengan baik dengan menambah dua komisaris yakni Hery Dosinaen selaku komisaris utama dan Natanael Mandacan dari Papua Barat.

“Artinya kalau komisarisnya sudah lengkap fungsi pengawasan terhadap kegiatan yang dilakukan direksi sudah semakin memadai jika dibandingkan dengan sebelumnya,” jelasnya kepada Wartawan diruang kerjanya Senin (27/5).

Sedangkan dari sisi infrastruktur Bank Papua saat ini telah membangun khusus perkreditan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) perkreditan. Untuk meningkatkan kompetensi SDM dibidang perkreditan sehingga penyaluran kredit kepada debitur tetap sasaran.

Selain peningkatan SDM juga pihak BPD juga meningkatkan sistem operasi dan prosedur. “Mereka juga saat ini sedang membangun sistem perkreditan IT nanti kita mau lihat hasilnya bagaimana,” ujarnya.

Mengingat dengan jumlah total aset sebesar Rp22 Triliun fight polionya paling besar dari perkreditan yakni sebesar Rp14 Triliun maka Tunggul meminta secara otomatis sumber dayanya harus berkwalitas sehingga tidak jatuh kedalam kesalahan yang sama lagi.

“Apa yang dilakukan manajemen sudah sesuai dengan yang kita harapkan, kita prediksi berikutnya kalau sistem ini sudah dilakukan peningkatan SDM, SOP, kompetensinya sudah baik dari manajemennya sudah melaksanakan kegiatan perkreditan dengan prinsip kami tentunya kami harapkan bank kebanggan orang Papua ini terus berkembang,”paparnya.

Tunggul juga tidak lupa untuk terus menghimbau kepada direksi Bank Papua untuk membatasi penyalurkan kredit keluar Papua karena SDM Papua tidak ada di luar Papua. “Tetapi kalau di daerah tersebut ada SDM yang kuat yang mengerti kondisi dan situasi debiturnya bagus disertai usahanya bagus saya rasa tidak ada masalah,”pungkasnya. (TN).

Bagikan :

News Feed