oleh

Bupati Akan Awasi Langsung Jalannya Program Dukcapil

Wamena (KT) – Bupati Kabupaten Jayawijaya akan memantau dan mengawasi langsung jalannya Program yang telah di Lounching oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Jayawijaya.

Bupati Kabupaten Jayawijaya juga memastikan akan megontrol jalannya Program Administrasi Kependudukan hingga programnya selesai.

Program yang baru saja diluncurkan dan telah di Lounching oleh Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Ricahard Banua, SE.M.Si, Jumat (22/11/2019) ialah Program Administrasi Kependudukan yang meliputi Program Kartu Indentitas Anak (KIA), Tandatangan Elektronik (TTE), Pencatatan Kelahiran Secara Online.

Bupati Kabupaten Jayawijaya, usai rangkaian kegiatan itu menegaskan kepada Dinas terkait dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jayawijaya untuk dapat menjalankan dan mengawal program itu dengan baik.

Bupati Kabupaten Jayawijaya Saat Melounching Administrasi Kependudukan

Sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat yang ada di Kabupaten Jayawijaya.
“Saya harap OPD terkait dalam hal ini Dukcapil untuk jalankan ini dengan baik,” kata Bupati Banua.

Diakui Bupati, dilounchingnya Program Administrasi Kependudukan di Kabupaten Jayawijaya, itu berarti pemerintah Kabupaten Jayawijaya secara resmi telah mendukung program Pemerintah Pusat.

Bupati Banua juga memberikan apresiasi atas kinerja Dukcapil Kabupaten Jayawijaya dan menyambut baik kegiatan dan program Administrasi Kependudukan di Kabupaten Jayawijaya.

Menurut Bupati, Program Administrasi Kependudukan sangat baik dan besar manfaatnya bagi masyarakat, terutama dalam hal mengurus surat-surat atau akta kelahiran anak.

“Ini Program yang baik untuk bagaimana masyarakat bisa cepat miliki akta kelahiran, jadi jangan cuma kita lounching terus biarkan program itu jalan sendiri dan cuma mau setiap akhir tahun habiskan dana,” kata Bupati Jayawijaya.

Kata Bupati Banua, adanya Program Adminisrasi kependudukan, tentunya akan meningkatkan cakupan kepemilikan akta kelahiran di Wilayah Kabupaten Jayawijaya yang kita ketahui bersama selama ini masih sangat rendah.

Serta, dapat mempermudah dan mempercepat pelayanan dokumen di Kantor Dukcapil bagi warga masyarakat seperti akta kelahiran dan kartu keluarga.

Selain itu dapat mempermudah kepengurusan dan pembuatan akta kelahiran melalui ruang bersalin di RSUD Wamena dan dapat juga melakukan Verifikasi dan validasi data untuk pengurusan kartu BPJS.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jayawijaya, Canoria Siagian, SH menjelaskan, pihak Dukcapil akan fokus untuk mennyelesaikan pelayanan Kartu Indentitas Anak (KIA).

Menurutnya, jalannya program Administrasi Kependudukan di Kabupaten Jayawijaya, itu berarti semua warga negara Indonesia yang ada mulai sejak lahir hingga dewasa menjadi tanggungjawab Negara khsusnya yang memiliki kartu identitas.

Diakuinya, untuk mempermudah terlaksananya Program Administrasi Kependudukan, pihaknya bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Darah (RSUD) Jayawijaya.

Dengan tujuan agar, masyarakat dapat dipermudah untuk mengurus akta kelahiran tanpa harus dapat ke Dukcapil Kabupaten Jayawijaya.

Selain itu, pendaftaran online yang diterapkan dukcapil Jayawijaya bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pendaftaran secara online, baik di rumah, kantor dan tempat umum lainnya.(NP)

Bagikan :

News Feed